Selamat Siang Sobat...Apa alasan sobat untuk memilih PC sebagai platform utama ketika
memainkan game-game yang dirilis secara multiplatform, terutama yang
masih berada di current-gen saat ini? Jawaban pertama yang paling pasti
tentu saja kesempatan untuk menikmati game dalam kualitas visual paling
optimal, dengan sederet efek yang tidak akan mampu ditawarkan oleh
konsol. Alasan kedua? Kenyamanan. Perangkat keras yang lebih kuat
berarti menawarkan framerate yang lebih tinggi dan stabil, bahkan dua
kali lipat dari apa yang mampu dihasilkan konsol. Standar framerate 60
FPS menjadi salah satu kekuatan yang tidak bisa diganggu gugat untuk
setiap game yang meluncur ke PC. Namun tidak untuk game racing terbaru
dari EA – Need for Speed: Rivals.
Seperti rumor yang sempat terlontar beberapa bulan yang lalu, EA
ternyata benar-benar mengunci framerate NFS: Rivals versi PC hanya di 30
FPS, standar framerate konsol. Walaupun EA beralasan bahwa hal ini
dilakukan untuk menawarkan pengalaman multiplayer yang mulus, namun
spekulasi beredar dan menyakini bahwa keputusan ini diambil untuk
mengakomodasi kebutuhan konsol next-gen: Playstation 4 dan Xbox One yang
memang hanya bisa memainkan game ini di 30 FPS. Masalahnya? Framerate
ini juga terkunci dengan clock-cycle operasi Rivals sendiri. Mimpi buruk untuk mereka yang “memaksa” game ini berjalan di 60 FPS.
Terkunci
di framerate 30 FPS, memaksa NFS: Rivals bermain di 60 FPS akan
menghasilkan mimpi buruk tersendiri. Tidak hanya framerate, gameplay Sobat juga akan berjalan lebih cepat dua kali lipat!
Berbagai kritik pun meluncur dari para gamer PC. Apa pasal? Menemukan cara untuk meningkatkan
framerate game racing ini hingga 60 FPS, gamer PC justru harus
berhadapan dengan sebuah game racing yang tidak bisa dimainkan. Tidak hanya framerate, kecepatan gameplay-nya sendiri juga melonjak dua kali lipat,
seolah Sobat secara konsisten bergerak dengan nitro boost. Jika
kecepatan sudah menjadi masalah besar, beberapa video juga
memperlihatkan AI yang secara konsisten bergerak di 30 FPS. Benar
sekali, sobat seperti baru bertemu dengan sebuah “cheat” speed hack hanya
karena modifikasi kecil ini. Sebuah tanda tanya besar tentu saja, untuk
sebuah game yang dirilis di tahun 2013.
Jangan Paksa NFS: Rivals versi PC Berjalan di 60 FPS!
By Pladidus Santoso
November 21, 2013 ·

Apa alasan Anda untuk memilih PC sebagai platform utama ketika
memainkan game-game yang dirilis secara multiplatform, terutama yang
masih berada di current-gen saat ini? Jawaban pertama yang paling pasti
tentu saja kesempatan untuk menikmati game dalam kualitas visual paling
optimal, dengan sederet efek yang tidak akan mampu ditawarkan oleh
konsol. Alasan kedua? Kenyamanan. Perangkat keras yang lebih kuat
berarti menawarkan framerate yang lebih tinggi dan stabil, bahkan dua
kali lipat dari apa yang mampu dihasilkan konsol. Standar framerate 60
FPS menjadi salah satu kekuatan yang tidak bisa diganggu gugat untuk
setiap game yang meluncur ke PC. Namun tidak untuk game racing terbaru
dari EA – Need for Speed: Rivals.
Seperti rumor yang sempat terlontar beberapa bulan yang lalu, EA
ternyata benar-benar mengunci framerate NFS: Rivals versi PC hanya di 30
FPS, standar framerate konsol. Walaupun EA beralasan bahwa hal ini
dilakukan untuk menawarkan pengalaman multiplayer yang mulus, namun
spekulasi beredar dan menyakini bahwa keputusan ini diambil untuk
mengakomodasi kebutuhan konsol next-gen: Playstation 4 dan Xbox One yang
memang hanya bisa memainkan game ini di 30 FPS. Masalahnya? Framerate
ini juga terkunci dengan clock-cycle operasi Rivals sendiri. Mimpi buruk untuk mereka yang “memaksa” game ini berjalan di 60 FPS.
Terkunci
di framerate 30 FPS, memaksa NFS: Rivals bermain di 60 FPS akan
menghasilkan mimpi buruk tersendiri. Tidak hanya framerate, gameplay
Anda juga akan berjalan lebih cepat dua kali lipat!
Berbagai kritik pun meluncur dari para gamer PC. Apa pasal? Menemukan cara untuk meningkatkan
framerate game racing ini hingga 60 FPS, gamer PC justru harus
berhadapan dengan sebuah game racing yang tidak bisa dimainkan. Tidak hanya framerate, kecepatan gameplay-nya sendiri juga melonjak dua kali lipat,
seolah Anda secara konsisten bergerak dengan nitro boost. Jika
kecepatan sudah menjadi masalah besar, beberapa video juga
memperlihatkan AI yang secara konsisten bergerak di 30 FPS. Benar
sekali, Anda seperti baru bertemu dengan sebuah “cheat” speed hack hanya
karena modifikasi kecil ini. Sebuah tanda tanya besar tentu saja, untuk
sebuah game yang dirilis di tahun 2013.
Membicarakan perbedaan framerate 30 FPS dan 60 FPS yang memang cukup
signifikan, apakah Sobat termasuk gamer yang cukup memusingkan aspek yang
satu ini? Atau tidak pernah menjadi pertimbangan bagi Sobat sendiri?
Jangan lupa untuk mengklik G+1, Agar Makin Sering dan Semangat Ngepostnya.. ^^